Pomegranate = Delima

Akhir-akhir ini gw liat ada beberapa produk minuman yang menggunakan bahan dasar buah pomegranate. Awalnya gw bertanya-tanya, kenapa namanya aneh dan apakah bentuknya sama anehnya dengan namanya?

Alhasil gw mencari beberapa sumber di internet untuk mengetahui seluk beluk buah pomegranate ini.

Ternyata oh ternyata… Pomegranate itu sama dengan buah delima!

wew

Puki: Sa… Sama???

Gw liat itu dari Wikipedia Indonesia dan Inggris, dimana keduanya memajang gambar yang sama. Walaupun begitu, waktu gw kuliah, gw selalu diingatkan oleh para dosen untuk tidak terlalu mempercayai Wikipedia karena isinya tidak terlalu bisa dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu gw mencari sumber lain.

Gw memutuskan untuk mencari nama latin/ilmiah dari pomegranate dan/atau delima, untuk lebih memastikan apakah mereka adalah buah yang sama atau tidak.

Ternyata oh ternyata (lagi)… Mereka mempunyai nama latin/ilmiah yang sama! Yaitu: Punica granatum! Hal tersebut gw temukan di website tentang buah-buahan dari luar dan sebuah blog tetangga yang memberitahukan nama-nama latin dari tumbuhan (delimanya ada di nomer 350).

Sekarang sudah terjawab semua… Ternyata selama ini, pomegranate yang gw pikir adalah sebuah buah antah berantah, ternyata sama dengan delima yang udah gw kenal sejak kecil…😀

Pertanyaan berikutnya, kenapa juga produk minuman tersebut tetap menggunakan bahasa pomegranate? Kenapa mereka lebih memilih untuk memajang label ‘sari buah pomegranate’ dibandingkan ‘sari buah delima’? Padahal menurut gw, orang-orang akan lebih familiar dengan delima dibandingkan dengan pomegranate. Atau itu memang strategi penjualan?

wew

Puki: Semakin aneh, semakin banyak orang yang mau beli…

, , , , , , , , , , , ,

  1. #1 by Nency on July 29, 2010 - 7:55 am

    yup bener banget setuju…aku juga penasaran banget sama ntu buah…emang dari dulu aku pikir kok kayak buah delima eh ternyata bener… thank’s ya atas tulisanmu aku jadi tauu…🙂

Leave a Reply

