Sushi

Hmmm...

Mulai dari bagian ini, tulisan yang akan Anda baca adalah hasil copy paste semena-mena dari Wikipedia, selamat menikmati…🙂

Sushi (鮨, 鮓, atau biasanya すし, 寿司 ?) adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut , daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula.
Asal-usul kata sushi adalah kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dengan huruf kanji sushi (酸し ?). Pada awalnya, sushi yang ditulis dengan huruf kanji 鮓 merupakan istilah untuk salah satu jenis pengawetan ikan disebut gyoshō (魚醤 ?) yang membaluri ikan dengan garam dapur, bubuk ragi (麹 koji?) atau ampas sake (糟 kasu?). Penulisan sushi menggunakan huruf kanji 寿司 yang dimulai pada zaman Edo periode pertengahan merupakan cara penulisan ateji (menulis dengan huruf kanji lain yang berbunyi yang sama).

Akhir dari tulisan yang berasal dari Wikipedia.

Sejauh pengamatan, akhir-akhir ini sepertinya sushi menjadi sebuah ‘tren’ di lingkungan hidup gw. Kalo mereka ke mall, ada sebuah dorongan tersendiri untuk makan di restoran sushi. Bahkan terkadang mereka tiba-tiba mengajak untuk makan di restoran sushi tanpa ada angin apapun.

Sebenarnya ada apa dengan sushi???

Apa yang menjadi daya tarik makhluk yang terbuat dari daging ikan mentah dan nasi yang terkadang digulung dengan rumput laut kering itu?

Sebenernya sih gw juga suka dengan sushi, tapi gw terkadang terbentrok dengan harga dari sushi itu sendiri yang kadang-kadang bikin gw nelen ludah pas ngeliat harganya yang setara dengan 5-6 kali makan di warteg! Di mana menurut gw, makan di warteg akan jauh lebih kenyang.

Apakah rasanya yang membuat mereka tergila-gila dengan makhluk dari ikan mentah itu?

Atau warnanya yang variatif?

Atau mungkin karena tempat sushi ada di mall, jadinya bisa sekalian hang out?

Atau karena satu dan lain hal yang gw gak kepikiran karena gw udah mentok ketika ngeliat harganya?

Hanya Tuhan dan mereka yang punya ketertarikan dengan makhluk ikan mentah itu yang tahu…

wew

Puki: Puki Roll, anyone?

, , , , , ,

  1. #1 by Yellow on July 10, 2009 - 8:50 pm

    Personally… saya lebih milih makanan lain selain sushi, takut cacingan ho ho.

  2. #2 by Bebek Jamuran... on July 15, 2009 - 1:20 am

    Saya juga sih… Terutama kalo emang jauh lebih murah…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: