Musuh Terbesar Manusia…

Ide ini tidak sengaja terlintas ketika selesai membaca beberapa buah manga *bukan buah mangga!* dan menonton sebuah anime

Manusia adalah makhluk hidup yang mempunyai kebebasan untuk memilih dalam hidupnya. Pilihan-pilihan tersebut mereka pertimbangkan dengan sangat matang sehingga resiko yang terjadi bisa diminimalisir dan keuntungan yang didapatkan bisa dimaksimalkan. Namun, ada pengganggu dalam pemilihan pilihan tersebut…

Para pengganggu tersebut melakukan kegiatan yang mengganggu manusia dalam menentukan pilihan, bahkan mereka juga bisa merusak hasil dari pilihan yang telah diperhitungkan. Mereka bisa membuat manusia bingung akan pilihan-pilihan yang ada sehingga memilih pilihan yang sebenarnya tidak sesuai dengan dirinya. Mereka mampu mendesak manusia untuk memilih pilihan yang tidak sesuai dengan dirinya. Mereka juga mampu mendistorsi hasil dari pilihan manusia dengan aktivitas yang mereka lakukan.

Tapi, sebenarnya apa, atau siapa, mereka?

Mereka tak lain dan tak bukan adalah: MANUSIA!

Musuh terbesar manusia adalah manusia lain yang berada di sekitarnya. Kenapa bisa begitu? Karena manusia lain juga mempunyai kebebasan untuk memilih yang sama dan mereka dengan sangat senangnya menggunakan kebebasan tersebut. Alhasil, beberapa kebebasan memilih bentrok dan hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan perhitungan. Contoh:

Si A sedang berjalan menuju kampus. Ia ingin bertemu dengan temannya, si B, untuk mendiskusikan tugas. Sebenarnya si A sedang asik bermain di kamarnya namun ia memutuskan untuk meninggalkan permainannya karena merasa tidak enak untuk membatalkan janji dengan si B. Ketika sampai di tempat yang disetujui, si B belum kunjung terlihat walaupun sudah melewati waktu yang disepakati. Si A berinisiatif untuk menelpon si B. Ternyata, si B secara sepihak memundurkan waktu perjanjian sampai besok siang karena si B sedang asik pacaran. Si A kesal luar biasa! Ia sudah membuang waktunya untuk menunggu si B yang ternyata membatalkan janjinya.

Sekarang, kenapa hanya dengan membaca komik dan menonton kartun bisa menimbulkan ide seperti ini?

Pertama, manga yang berjudul Bleach. Di mana musuh yang dihadapi pada awal cerita berupa roh yang bentuknya seperti monster, aneh dan menyeramkan. Namun, seiring perjalanan plot cerita, roh yang berbentuk monster tersebut mengalami evolusi dan sekarang berwuju seperti manusia!

Kedua, manga yang berjudul D.Gray-Man. Di mana pada awal cerita, musuhnya berbentuk monster-monster yang aneh nan menyeramkan. Namun, monster tersebut bisa berevolusi dan bentuk evolusi terakhir dari monster tersebut adalah manusia. Adapun tambahan musuh, yaitu tokoh manusia yang berpihak pada monster tersebut.

Yang terakhir, anime yang berjudul Neon Genesis Evangelion. Di mana musuh terakhirnya adalah Angel, yang berbentuk manusia. Sebelumnya para Angel berbentuk makhluk-makhluk tidak jelas. Ternyata pas sampai di musuh terakhir, Angel-nya berbentuk manusia dan selama anime berjalan sudah berada dekat dengan pemeran utama.

Dari ketiga sumber tersebut, terlihat bahwa musuh dari tokoh utama, yang berwujud manusia, adalah monster yang berangsur-angsur berubah bentuk menjadi wujud yang mendekati manusia juga. Setelah itu dengan sotoynya, gw mengambil kesimpulan yang digeneralisir untuk kejadian di sekitar gw.

Jadi…

So this is hell. I’d never have believe it. You remember all we were told about torture chambers, the fire and brimstone, the burning marl. Old wives tales! There’s no need for redhot pokers. Hell is other people!

(by: Jean-Paul Sartre)

, ,

  1. #1 by Seseorang on June 9, 2008 - 11:28 pm

    PERTAMAX

  2. #2 by masamune11 on June 21, 2008 - 7:45 pm

    KEDUAX! *ditendang ke Mars*

    [sotoy]
    Kalau dipikir-pikir lagi, yang menyebabkan perseturuan antara manusia dengan manusia lain adalah kebebasan manusia sendiri. Maka itu, pilihan-pilihan yang diberikan manusia-manusia yang ada akan saling bersilang, atau bentrok.

    Dan tentu saja, hasil akhir dari hal ini bisa berupa pertengkaran, atau fatalnya perang…
    [/sotoy]

    *guling-guling gak jelas…*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: