Renungan ‘hampir’ Akhir Tahun

Gak kerasa ternyata sebentar lagi udah ganti tahun lagi. Sekarang udah pertengahan bulan November dan sebentar lagi kita menyambut bulan Desember trus pergantian tahun…

Sebenernya 1 setengah bulan itu lama juga sih… Tapi tetep aja dari 12 bulan dalam setahun kalo udah tinggal 1 setengah bulan lagi tahunnya abis berarti tinggal dikit kan???

Kalo bentar lagi ganti tahun, berarti tanpa berasa juga gw udah kuliah selama hampir satu setengah tahun. Kelihatannya waktu yang cukup singkat untuk menuntut ilmu, namun dampak yang kurasakan itu luar biasa.

Beruntung gw memilih fakultas yang mempelajari tentang manusia. Dalam belajar, terkadang gw merasa ‘ngaca’ dengan pernyataan2 ahli, teori2, dan eksperimen2. Karena hal2 tersebut memang terjadi pada kehidupan gw! Perkembangan manusia contohnya, siapa sih yang gak berkembang dari kecil ampe gede???

Untungnya yang lain adalah di fakultas tersebut juga diajarkan filsafat secara umum. Jujur, menurut gw pribadi belajar berfilsafat itu membawa dampak yang luar biasa. Dalam satu setengah tahun, gw yg tadinya cuma anak SMA yg gondrong dan ingusan, bisa menjadi seorang mahasiswa yang botak dan gak ingusan. *Digeplakin yg baca…*

Jujur aja, dulu gw menerapkan kata-kata yang sering diucapkan oleh Gus Dur, “gitu aja kok repot…” Gw gak pernah mikir panjang dalam menghadapi suatu keadaan. tapi sekarang, berkat pelajaran filsafat yang menekankan pada sifat kritis, hal yang simple seperti berapa menit rokok bisa bertahan ketika tidak dihisap aja gw perhitungkan.

Pembicaraan-pembicaraan di kost-kostan pun yang awalnya cuma becanda-becanda gak jelas sekarang sudah mulai berbobot, walopun becandaan katro masih tetep ada. Mulai dari hukum fisika dalam bela diri sampai ke-tidak-efektif-an bergerak dalam tubuh manusia, juga perdebatan keras antara mungkinkah suatu pernyataan itu tidak valid namun tetap reliabel.

*Orang lewat: Ugyaaa~ Pembicaraan terlalu beraaat…*

Bercandaan gw jg skrg tambah katro namun berbobot. Gak gampang buat bercandaan di kampus gw karena kebanyakan orangnya, or at least yg gw kenal, terlalu  kritis sehingga tebak-tebakan katro aja bisa dibantah. Walopun menurut gw mereka membantah becandaan gw karena mereka gak mau terima begitu aja kalo gw itu lucu…*Digeplak…*

Bearu satu setengah tahun tapi gw merasa gw udah banyak berubah. Gw kaget dan kagum dengan perubahan yang terjadi di dalam diri ini. Ternyata dunia perkuliahan membawa dampak yang luar biasa bagi gw yang hanyalah seorang mahasiswa jamuran…

, , , ,

  1. #1 by morishige on November 17, 2007 - 4:21 pm

    *mengamankan posisi*
    vertamax.. YAY!!
    salam kenal, ya…😀

  2. #2 by sesuatu on November 23, 2007 - 2:15 pm

    keduax….

  3. #3 by amiL on December 6, 2007 - 11:45 pm

    OMG dipta..

    trus eksis di teko beda aspek lagi..

    tapi change is always.. dan gw jadi tentative d kalo ngomong afeksi gw ttg lifespan yang satu-setangah tahun ini

    PLAAAAK *oh no, gw digeplak lebih banyak karna ngomongnya jorok bgt*

  4. #4 by Bebek Jamuran... on December 15, 2007 - 2:03 pm

    @morishige: Salam kenal juga.🙂

    @sesuatu: …

    @amiL: Ngambil stik golf buat menggebuki secara massa seseorang yang mengeluarkan kata-kata jorok.😆

  1. New Year… New Start… New Wish… New Life… « Celoteh Bebek Jamuran…

Leave a Reply

