Rasa Ingin Tahu yang Terlalu Besar?

Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman saya pribadi. Bila ada di antara Anda yang tidak setuju, itu sah-sah saja. Mungkin akan sedikit banyak terdapat bahasa-bahasa yang kurang enak didengar bagi beberapa orang yang punya rasa ingin tahu yang besar. Jadi yang merasa mempunyai rasa ingin tahu yang besar, sebaiknya ingin tempe aja nggak usah dibaca…

Jadi begini ceritanya, saya lagi tidur2an sambil menonton televisi di kamar orang tua saya karena komputer dijajah adik… Biasanya saya menonton saluran televisi luar, karena saya berlangganan TV kabel, dan sama sekali tidak menyentuh siaran TV lokal karena isinya yang tidak berbobot. Tetapi entah kenapa, ketika saya ingi mengambil remote, tanpa sengaja terpencet tombol ke channel TV lokal.

Apa yang saya lihat? Bukan sinetron yang tukang jiplak yang aneh dan tidak masuk akal, tetapi sebuah siaran infotainment. Infotainment, ato kerennya acara gosip, menampilkan kehidupan para selebriti, baik dari kehidupan sehari-harinya seperti kegiatan syuting sampai kehidupan pribadi seperti perjalanan asmara sang selebriti.

Kalau diperhatikan, acara infotainment hampir selalu ada di setiap stasiun televisi lokal maupun luar. Dan sepertinya penggemarnya cukup banyak. Contohnya, di rumah saya, ketika sudah mendekati jam acara infotainmet, eyang saya langsung duduk manis di depan televisi dan menontonnya. Orang-orang yang dipekerjakan di rumah saya juga langsung duduk manis di depan televisi dan menonton acara infotainment

Kalau begitu apa yang bisa simpulkan?

 

  • Infotainment menampilkan kehidupan para selebriti,
  • Hampir semua stasiun televisi mempunyai acara infotainment sendiri-sendiri,
  • Penggemarnya banyak,
  • Jadi, kita mempunyai rasa ingin tahu yang luar biasa?

Kita mempunyai rasa ingin tahu yang luar biasa? Menurut saya itu benar. Manusia pada dasarnya memiliki sifat ingin tahu. Sah-sah aja untuk kita ingin tahu tentang kehidupan orang lain, yang notabene lebih misterius daripada kehidupan kita.Tapi apa gunanya kehidupan orang lain diekspose di TV??? Apa gunanya kita tau si artis A lagi pacaran sama aktor B??? Trus buat apa kita tau kalo pasangan selebriti C & D mau bercerai???

Kesannya para selebriti tersebut tidak punya privasi sama sekali. Masa setiap gerak-geriknya bisa diketahui oleh masyarakat gara-gara tayangan infotainment??? Tapi di sini masih lebih lumayan… Kalo di luar negeri yang namanya paparazzi, atau wartawan yang menguntit sang selebriti untuk mendapatkan segala macam info ttg kehidupan pribadinya, itu banyak bgt.

Gak usah jauh2 ke selebriti ato paparazzi deh, saya sendiri aja terkadang sedikit merasa muak bila ada beberapa orang teman saya yang menanyakan kegiatan saya sampai se-deatil-detail-nya. Kesannya, mereka ingin tau segala yg ada di dalam diri saya… Emangnya lo kira gw nggak punya privasi apa???

Lagian, buat apa mereka tau sekarang siapa gebetan baru gw trus apa aja yg udh gw lakuin dalam rangkaian pendekatan untuk menjadikan sang gebetan jadi pacar??? Kayak mereka nggak punya kehidupan aja, sempet2nya ngurusin kehidupan orang lain.Orang tua saya aja kadang2 tidak terlalu detail dalam menanyakan kegiatan saya… Ketauan nggak pernah diurusin ama orang tuanya

Lagian informasi seperti sekarang gw lg ngedeketin si Bunga dan gw sesering apa gw jalan bareng, makan malem bareng, nonton bareng, dan ngapel ke rumahnya cuma menuh-menuhin kapasitas memori otak. Trus kalo pun rela menuh-menuhin kapasitas otak, dengan informasi nggak guna seperti itu, mau diapain? Ujung2nya cuma dipake buat ngomong: “Cieee Dipta yg lg deket sama Bungaa… Cieee…”

Bleuh~ Kayaknya terakhir kali gw ngeledekin temen gw pake “Ciee… Cieee…” itu jaman gw SD… Tp kenapa temen2 gw yg sekarang mahasiswa masih make kata2 tersebut… Gak tau antara gw yg kuper, nggak tau bahasanya anak jaman sekarang, ato mereka yg perkembangan mentalnya nggak nambah dari SD…

Sebenernya emang bisa aja rasa ingin tahu tersebut bisa membawa kebaikan buat kita. Kita bisa menemukan hal-hal baru, belajar sesuatu, mendapatkan informasi baru dan apalah hal-hal lainnya. Tapi sebenernya perlu nggak sih kita sampe harus tau segala macem seluk beluk kehidupan seseorang? Apakah tidak cukup bagi kita untuk mendapatkan informasi yg relevan dengan kebutuhan kita pada saat itu saja?

Ya… Memang tidak bisa dipungkiri kalau saya juga begitu. Tetapi saya berusaha meredam rasa ingin tahu saya. Prinsip yang saya pegang adalah gw urus dulu hidup gw yg brantakan baru gw boleh ngeliat2 hidup orang lain. Meskipun saya sendiri mengakui, kehidupan orang lain itu sebenarnya bisa dijadikan contoh atau pedoman untuk hidup kita. Tapi ambil yang penting2 aja laaah~ Kalo berapa kali kita udah makan malem bareng ama gebetan kita emang cukup penting apa untuk dijadikan pedoman atau contoh???

Iya atau tidak? Ingin tahu atau ingin tempe? Semua ada di tangan Anda…
*Disiram sop jamur beracun karena kalimat penutup yg nggak nyambung…*

,

  1. #1 by Dreamer on July 27, 2007 - 11:03 pm

    yee…

    endingnya, ingin tahu atau ingin tempe…

    yah… semua hal kan kayak pedang bermata dua, jadinya ada jelek buruknya😆

  2. #2 by Dreamer on July 27, 2007 - 11:04 pm

    i mean… ada jelek bagusnya

    [apa bedanya jelek sama buruk? dodol nih, udah malem sie]

  3. #3 by Bebek Jamuran... on July 28, 2007 - 6:17 pm

    Sebenarnya semua hal bisa menjadi pedang bermata dua kalo diubah sama sihir… Lagian mana ada pedang yang punya mata???

    *Dimutilasi dan dijadikan makanan bebek*

    Maksudnya… Semua hal yang berlebihan bisa menjadi pedang bermata dua. Jadinya kalo kita penasaran sih boleh2 aja, tapi jangan kelebihan penasaran…

  4. #4 by Dreamer on July 29, 2007 - 6:12 pm

    begitulah…

    [mutilasi om bebek, terus lemparin ke empang bebek]

    lagipula, mengetahui rahasia orang itu enak lho😆 makanya orang paling suka penasaran

  5. #5 by Foltaire on August 8, 2007 - 11:34 am

    [1984]Ban infotainment![/1984]😛

  6. #6 by Angell@ on January 14, 2011 - 1:52 pm

    Setiap orang punya PRIVASI sendiri2 kan ……, klo keadaan yg di balik gimana ….. enak ga di gituin ……

Leave a Reply

