Sebuah Perdebatan…

Dalam pengetikan post kali ini, saya tidak sendirian… Saya ditemani oleh beberapa kepribadian saya yang lain yang bersemayam dalam tubuh yang hanya satu ini…

Pertama, kita temui seorang Mahasiswa Berjamur yang utuh. Orangnya males2an dan keliatannya sangat polos. Padahal dibalik kepolosan wajahnya menyimpan banyak sekali rahasia yang tidak diketahui… Dia akan dituliskan dengan nama Dipta.

Kedua, ada seorang Mahasiswa Berjamur yang sangat mematuhi peraturan dan kaku. Kepribadian yang satu ini sangat tidak senang kalo badannya melakukan kegiatan2 yang melanggar aturan atau yang jahat2… Dia akan dituliskan dengan nama Dipta si (calon) Ustad.

Yang terakhir ada si Mahasiswa Berjamur yang urakan… Kerjaannya main2 aja trus dan gak pernah peduli sama aturan… Kepribadian yang satu ini selalu mengusulkan untuk melakukan kegiatan2 yang menyenangkan tetapi sebenarnya melanggar aturan… Dia akan dituliskan dengan nama Dipta si Anak Berandalan.

Sebenarnya mereka bertiga adalah wujud penggambaran antara Id, Ego dan SuperEgo. Dan berikut adalah perdebatan mereka pada suatu malam yang gelap…

Dipta (D): Aduh… Gak bisa tidur… Ngapain ya enaknya…

Dipta si (calon) Ustad (DU): Udah… Dengerin lagu aja… Ato nggak baca2 do’a aja… Ntar juga ketiduran sendiri…

Dipta si Anak Berdandalan (DAB): AH! Kelamaan… Mau tau cara yang cepet biar bisa tidur???

D: Mau, mau… Gimana caranya?

DU: *dalam hati* Ah… Si Anak Berandalan ikut2an lagi…

DAB: Gini caranya… Kita ke kamar mandi… Trus buka celanaa….

DU: STOOOP!!! GAK BOLEEEH!!!

D: Lah? Emangnya mau ngapain sih?

DAB: Ack! Lo nganggu aja sih! Dasar… Terlalu taat peraturan! *Menatap dengan pandangan merendahkan ke DU*

DU: Tapi itu kan emang gak boleh!

DAB: Ah! Cupu lo! Peraturan kan ada untuk dilanggar!

D: Anu… Sebenernya ada apa sih… Gw gak ngerti…

DU: Itu lho… Si Anak Berandalan itu mau ngajakin kamu melakukan dosa!

DAB: Lah?!?!? Emang gw nyuruh dia ngapain??? Kan dia cuma mau tidur yang cepet?

DU: Tapi lo ngajak dia ke kamar mandi, pasti mau mencekik burung sampe muntah kan???

DAB: Lha?!? Emangnya kenapa??? Kan kalo udah keluar jadi capek dan bisa tidur nyenyak!

DU: Dosa tau! Biarpun mempermudah tidur, tetep aja dosa!

DAB: Lha??? Dosa darimana??? Kan itu cuma swalayan! Sah2 aja dong!

DU: Tetep aja dosa! Kan sama dengan zina!

DAB: Zina??? Zina darimana???

DU: Swalayan kan akhirnya sama aja kayak main berdua! Jadi tetep aja zina karena kita blom punya pasangan yang sah!

DAB: Jadinya kalo gw udah punya pasangan yang sah, swalayan jadi gak zina dong???

DU: Itu… Eh… Hmm…

DAB: Trus kalo gw menodai anak kecil di tengah jalan itu zina juga kan?

DU: Ya iya lah! Nenek-nenek juga tau kalo hal itu zina dan dosa besar!

DAB: Berarti kalo sama dosanya, mendingan gw swalayan kan??? Sama dosanya, sama enaknya, tapi gak bisa ditangkep polisi dan dihakimi massa kan???

DU: Eh… Itu… Hmm… Tapi tetep aja dosa!

DAB: Ah! Cupu lo! Bisanya cuma bilang “ini dosa, itu dosa”… Kalo semuanya dilarang hidup mana ada serunya???

DU: Tapi kalo hidup di bawah perlindungan-Nya itu lebih bahagia tau!

DAB: AH! Bacot doang kerjaan lo…

D: *Dateng bawa golok* BERISIIIIK!!! Gw tadi udah ketiduran tau! gara2 lo berdua ribut melulu jadinya gw kebangun lagi!

DU & DAB: Lha?

D: Pokoknya kalo lo berdua ribut lagi, lo bakalan nyesel pernah jadi kepribadian gw!!!

DU & DAB: Siap Boss! *Sambil hormat, kyk tentara ketemu sama jendralnya…*

D: *Jalan terhuyung2 ke kasur… Trus tidur lagi…*

DAB: Lo sih… Bacotnya kekencengan…

DU: Lha??? Malah nyalahin gw??? Lo itu yang terlalu ngotot…

DAB: AH! Lo aja yang cupu! Gak berani nyoba yang enak2…

DU: Biarin aja gw gak nyobain yang enak2, yang penting hidup gw di akhirat terjamin… Gak kayak lo!

D: *Berdiri di belakang DU dan DAB, bawa golok dan parang dengan tatapan haus darah…*

DU & DAB: GYAAA!!!!!!

D: *Kembali ke tempat tidur…* Aah… Akhirnya bisa tidur dengan nyenyak…

Ujung-ujungnya, perdebatan ini berakhir tanpa kesimpulan yang jelas, karena gw ketiduran pas lagi berpikir keras, dan berkurangnya dua orang kepribadian dalam tubuh Dipta yang utuh…

Sampai sekarang… Kesannya udah lama aja… Padahal baru tadi malem… Pertanyaan apakah swalayan itu dosa atau tidak, masih terngiang2 di kepalaku…

  1. #1 by Dreamer on July 15, 2007 - 8:47 pm

    kok diumpamain sama swalayan si? =_____+

    emang dosa? kukira engga…

    dosa dimananya?

  2. #2 by Bebek Jamuran... on July 15, 2007 - 11:37 pm

    @Dreamer…

    Swalayan kan artinya melayani diri sendiri… Menurutku cocok…😀

    Masalah dosa ato nggak… Masih dalam perdebatan…

  3. #3 by Lee's Journey, On the Way to a Smile on July 17, 2007 - 2:56 am

    nee~
    ngomong apaan cih?
    anak kecil nan polos ucia tiga-belas-taun™ ga ngerti..

    huaaa… *nangis guling-guling*

  4. #4 by Dreamer on July 17, 2007 - 10:19 pm

    papi, jangan hobi boong ah, tuh papi kan umur 18 tahun 18 tahun yang lalu [berarti 36? :D]

    oooh… melayani diri sendiri =))

    kayaknya engga _ _” toh gak merugikan orang lain [definisi dosa : pokoknya merugikan pihak lain deh]

  5. #5 by Bebek Jamuran... on July 19, 2007 - 1:44 pm

    Makanya itu… Kalo diliat dari rugi ato nggak sih emang nggak ngerugiin orang lain. Tapi bukannya pas lagi begitu kita memikirkan sesuatu yang zina? Dan bukankah Tuhan dalam 10 perintah-Nya melarang kita untuk berbuat zina dan berpikir untuk berbuat zina?

  6. #6 by Dreamer on July 21, 2007 - 8:14 am

    ah, apa begitu?😐 saya tak tahu sih

    emang di 10 perintah Allah yang nomer… 9 [kayaknya] tidak memperbolehkan

    tapi kalo misalnya kita bener2 menggunakan itu sebagai panutan, lama2 gak bisa hidup enak

    buktinya, nomer 4-pun sering saya langgar, apalagi nomer 3😀

  7. #7 by aroe on September 30, 2007 - 10:57 pm

    gila omongan orang dewasa.. kagak paham.. om bebek swalayan itu supermarket kan??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: